VISI

MENJADI FAKULTAS PERTANIAN YANG MENGHASILKAN LULUSAN BERKARAKTER, KOMPETEN, UNGGUL, DAN BERDAYA SAING DALAM PENGEMBANGAN IPTEK BIDANG PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TAHUN 2037

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang pertanian dengan fokus pada pengembangan karakter, keterampilan, dan kompetensi mahasiswa
  2. Melaksanakan penelitian berkualitas di bidang pertanian dan mengintegrasikan hasil penelitian ke dalam pembelajaran
  3. Mendorong kolaborasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan inovasi bagi tantangan pertanian kompleks
  4. Menerapkan tata kelola transparan, akuntabel, dan partisipatif dalam semua aspek kegiatan Fakultas
  5. Memperluas jaringan kerjasama dengan pihak terkait untuk mendukung peningkatan daya saing dan karakter lulusan dalam dunia kerja, berwirausaha, dan studi lanjutan

TUJUAN

  1. a. Penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan yang menjunjung tinggi kemerdekaan belajar untuk meningkatkan kompetensi dan keunggulan;  b. Penyelenggaraan dan pengembangan pembinaan kemahasiswaan untuk meningkatkan mutu lulusan dan meningkatkan jejaring serta potensi alumni
  2. Pengembangan dan penyebarluasan hasil penelitian berbasis roadmap bidang keilmuan dan peningkatan kolaborasi antara dosen, peneliti, serta mahasiswa
  3. Penyelenggaraan dan pengembangan pengabdian kepada masyarakat berbasis roadmap untuk memberdayakan masyarakat
  4. a. Pengembangan tata kelola yang profesional dan peningkatan kapasitas manajemen Perguruan Tinggi; b. Pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia (human resources) yang mendukung penyelenggaraan Tridharma dan percepatan keunggulan Fakultas
  5. Pengembangan keberlanjutan kapabilitas kerjasama untuk mendukung peningkatan daya saing dan karakter lulusan dalam dunia kerja, berwirausaha, dan studi lanjut

SASARAN STRATEGIS

  1. a. Meningkatnya kualitas kurikulum yang komprehensif dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna; b. Meningkatnya kualitas dan inovasi pembelajaran yang berbasis Student Centered Learning (SCL); c. Tersedianya mekanisme penilaian capaian pembelajaran dan evaluasi kurikulum yang dilakukan secara berkala
  2. a. Meningkatnya kuantitas dan kualitas input mahasiswa baru; b. Meningkatnya kualitas dan kuantitas prestasi mahasiswa; c. Meningkatnya daya saing dan karakter lulusan dalam dunia kerja, berwirausaha, dan studi lanjut
  3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan luaran penelitian berbasis roadmap disertai kolaborasi interdisipliner
  4. a. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian dan luaran pengabdian berbasis roadmap disertai kolaborasi interdisipliner; b. Meningkatnya tata kelola yang profesional untuk mendukung pencapaian visi dan misi; c. Meningkatnya kepuasan layanan dengan mengoptimalkan sistem penjaminan mutu; d. Meningkatnya sistem keuangan yang transparan dan akuntabel
  5. Meningkatnya kualitas implementasi kerjasama untuk mendukung peningkatan daya saing dan karakter lulusan dalam dunia kerja, berwirausaha, dan studi lanjut